Mencari Avicena

Tidak perlu membayangkan saya sedang mencari sosok Avicena yang seolah kini ia masih hidup. Bukan, goleki Avicena disini yang saya maksudkan yakni mencari sumber yang bercerita dan nantinya akan menjelskan kepada kita siapa sebenarnya Avicenna?. Beberapa waktu yang lalu seorang saudara dari Jawa Barat "mention" saya di Fb karena beliau mengenal saya sebagai seorang yang sedang duduk diperkuliahan yang khusus belajar sejarah. Ketika itu saya ditanya, apakah Sosok Ibnu Sina berkeyakinan Syiah?.

Pertanyaan itu sekaligus "memukul" saya alias menampar saya sebagai calon sejarawan namun belum banyak yang saya lakukan bahkan mencari sumber yang mendekati valid. Banyak mendapat cerita, informasi dari saudara, dan ada beberapa buku yang mengacu pada sosok Ibnu Sina yan sifatnya umum. Belum dijumpai satu sumber buku yang bercerita khusus memberi informasi tentang beliau. Bahkan saat belajar historiografi pun hanya sebatas karya yang disebutkan kepada kita yang duduk diperkuliahan, Greget mencari ada namun belum sampai pada tataran mengeksekusi. 

Beberapa hari yang lalu alhmadulillah obah juga demi mendapat suber yang cukup otentik. Saya putuskan untuk berkunjung ke Iran Corner di UIN Sunan Kalijaga. Bekal membaca sebuah buku "The Road to Persia" cukup memberi informasi. Bahkan dalam perjalanan yang ditulis Afifa dia memang menggambarkan Iran yang merupakan negeri sisa Peradaban Persia cukup gablang. Saya menemukan satu sumber buku yang akan bercerita tentang Ibnu Sina, walau belum sampai tamat membacanya paling tidak sekilas lembaran-lembaran itu memberi informasi kepada saya. Berikut ini:


Digambar bagian atas ini begitu jelas "Avicenna's father was known as an Ismaelite Shiite". Akan tetapi cukup menarik saat diperhatikan lagi dengan kondisi Syiah sekarang. Saya jadi pengen lanjut mengetahui biografi Ibnu Sina yang menyangkut keyakinannya.


Yuk Belajar lagi :)

Saudarimu Calon Sejarawan
Rizka Kusuma Rahmawati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar