Disaat duduk yang "tidak biasa"

“Ada pertemuan pasti ada perpisahan”



Siapa yang tidak pernah dengar kata diatas,,? Ayo acungkan tangan,,!!
Dan sepertinya kata itu sudah sangaat seriing sekaali didengar. Saya pun tak ingin lagi fokus pada pembahasan diatas, entahlah yang jelas sudah populer. Kalau membaca catatan saya sebelumnya, tentu ingat pemberitahuan bahwa catatan yang kemarin merupakan 4 dari terakhir. Dan ini terpaksa harus lompat dulu ya,, :D langsung 2 dari terakhir. Ini artinya ada satu lagi yang menjadi akhir penutup catatan saya edisi SEJARAH DUNIA...!! Horeee,,, terpaksa harus senang.
Kali ini Sejarah Dunia berbicara tentang “REVOLUSI CINA” dan “REVOLUSI PRANCIS”.
Secara mendasar apabila terjadi sebuah revolusi tentu terjadi sebuah perubahan yang mendasar dari sebelumnya menuju revolusi atau sebut saja “radical change” ya perubahan mendasar. Sedikit akan saya ungkap terkait perubahan mendasar yang terjadi dalam dua revolusi dunia yang telah terjadi.
CINA
Perubahan dari bentuk :
Dinasti (1912) – RRC (1949)             è Perubahan dalam bidang  Politk
Confuse – Atheis                        è Perubahan dalam bidang Theologi
Dalam revolusi ini tentu membutuhkan proses yang panjang, dari adanya perubahan dinasti serta pemimpinnya dinasti Mancho (King), masa Tsun Yan Tseng, masa Yuan Tsn Ky, periode Jendral, hingga terbetuknya RRC samapi terjadi revolusi budaya. Dalam hal ini Cina jelas mengalami perubahan yang mendasar dari sebelumnya. Selebihnya bisa dibaca “by your self ”tentang Revolusi Cina J  (Hal ini akan didapati jika dari sumber – sumber sejarah yang biasa ),,!!

PRANCIS       
Revolusi ini berlangsung antara tahun 1789-1815. Keinginan kelompok demokrat dan pendukung republikanisme berusaha menjatuhkan monarki absolut di Prancis dan memaksa gereja Katolik Roma menjalani restrukturisasi yang radikal. Perubahan dari Negara Monarki menjadi Negara Republik Mereka. Peristiwa revolusi Prancis terjadi pada masa pmerintahan Louis XIV pada abad ke 18. Semboyan dalam revolusi ini yaitu : LIBERTE, EGALITE, FRATERNITE (Kebebasan, Persamaan, Peraudaraan). Secara garis besar demikian, adapun faktor2 banyak ada politik, ekonomi, budaya dll. Ini secara umum dan sudah menjadi hal biasa. Dan lagi – lagi keterangan seperti diatas merupakan dari sumber yang “biasa”. Bisa dilihat dibuku Sejarah Eropa Dari Eropa Kuno Hingga Modern. Dalam revolusi ini muncul juga banyak aliran- aliran seperti : Rasionalisme, auflarung (Pencerahan).
“Komentar dari dosen saya terkait auflarung yang diartikan sebagai pencerahan, hal ini merupakan pendegradasian arti kalau dilihat secara riilnya auflarung bukan pencerahan tetapi justru pembodohan..!! Masih teringat secara nyata dalam otak beliau benci dengan istilah “pencerahan” karena sebenarnya yang terjadi bukan pencerahan tetapi justru penggelapan”
Monarki – Negara Republik Merdeka               è Perubahan dalam bidang  Politk
======================#############====================================
Lagi dan lagi dalam mata kuliah ini selalu ada informasi baru yang sebelumnya belum terdengar.
                                       Tampuk peradaban dunia saat ini memang berada ditangan dunia Barat, yang sebelaumnya jika kita menegrti dan memahami sejarah Perdaban sebelumnya berada digenggaman dunia Islam. Jadi seolah wajar jika apa – apa yang ada dipikiran manusia sekarang adalah bagaimana dalam melihat sesuatu yang baru dan itu wah mengatakan “Barat” ya demikian adanya. Dan tidka dapat dipungkiri dan dielakkan ketika dunia dalam genggaman Barat tentu pemikiran atau tsqofah yang ada dan dipaksakan kepada semua manusi adalah tsaqofah Barat. Tentu tidak lagi asng bukan mendengar istilah (Relativisme, Pluralisme, Modernisme, Nasionalisme, Rasionalisme, dll). Semua itu muncul dari dunia Barat, dan itu kita di ”wajibkan” oleh mereka untuk menelannya, ya menelannya bahkan tidak diberikesempatan untuk membuka yang sebenarnya. Kita ini korban jadi jangan terlalu bahagia dulu yaa,,,
                                       Ada lagi terkait badan – badan atau lembaga yang dimun culkan mereka, sepertinya layaknya mutiara yang selalu dikejar, ketika tidak mereka tidak valid “katanya”. Tahu CIA..?? tahu PBB..?? tahu FBI,,??? Itu menjadi mutiara yang dikejar dan selalu dibesar-besarkan padahal sebenarnya “0”. Itu hanya tipu daya saja,,,, masih teringat bukan bagaiamanaAmerika menduduki Negara Irak..?? apa yang memotori Amrika menduduki Irak??? :Presiden kala itu diinformasikan oleh  CIA bahwa Irak punya teknologi nuklir sehingga pendudukan terhadap Irak harus dilakukan. Tetapi apa yang ada..? setelah sekian lama menduduki Irak dan memporak –porandakan Negeri berpenduduk muslim itu justru tak menemukan apa yang dicari “tuannya”. Yah ini hanya akal – akalan CIA.
“Lagi – lagi dosen saya Pak Jahdan berkomentar CIA merupakan lembaga paling ngawur,,!!dan bodoh didunia”.
                                       Adalagi NAMRU (Nefal Army Medicine Research United SA). Ini sebuah angkatan resmi laut Amerika. Lembaga resmi dalam dikesehatan Indonesia dan tentu katanya membantu penuh kesehatan di Indonesia. Jika secara program kerja bergerak dalam bidang kesehatan dan ini sudah diresmikan oleh pemerintah, tetapi apa yang ada..? ketika berada di Boyolali Jogjakarta NAMRU ini justru meneliti pos polisi ( mencatat polsek, koramil mengukur, memotret dll). Aneh bukan..?? tidak logis jika dipikir dari awal tujuan sah mereka datang!!. Dan yang paling mengejutkan yaitu NAMRU menginginkan “DILOMATIC BAG”. Diplomatic Bag ini merupakan hak dimana tas yang mereka bawa tidak boleh diperiksa oleh lembaga apapun,,!!!! Konyol nggak sih mereka itu,,??? Seneaknya aja meminta apa yang diinginkan, mau apa sebenarnya di Negerri ini...??!! Sungguh sudah telanjang negeri ini dimata mereka. Tidak ada lagi yang bisa dirahasiakan oleh negeri ini. Justure sebenarnya mereka itulah yang menggerakkan mesin dinegeri ini. Jika kita hanya diam, akan semakin parah kondisi negeri ini dan dunia secara umum..!!! sebenarnya ribuan intelegen telah beroperasi dinegeri ini.
                                       Itulah sedikit catatan yang ke #2 terakhir yang ingin saya bagikan kepada teman – teman semua. Kita harus sadar dengan kondisi disekitar kita. Bukan lagi diam, bukan lagi tak peduli, bukan lagi acuh. Kalau memang ingin menyelamatkan NKRI coba apa yang harusnya kalian lakukan demi menyelamatkan dari mereka,,,?? Ini baru Indonesia yang kecil dari bagian dunia. Bagiamana dengan kondisi negeri – negeri muslim yang lainnya..? tentu sungguh tak jauh beda mengerikan kondisinya jika kita tidak segera bangkit. Bangkit bukan karena Nasionalisme,,! Lantas apa bedanya jika hanya dengan nasionalisme tetapi negeri- negeri yang lain tetap terpuruk, apakah rela melihat kondisi itu? Kita tak lagi bisa berbuat apa-apa, kita hanya bisa diam jika kebangkitan itu berdasarkan semangat nasionalisme. Kondisi ini akan semakin terpuruk dengan membiarkan asing masuk dan menjajah negeri – negeri yang lemah.  Mari kawan kita melakukan kebangkitan yang hakiki dimana kita akan disatukan dalam sebuah kepemimpinan satu yaitu KHILAFAH yang mampu menanungi seluruh dunia. Bukan merampas, bukan menjajah, bukan pemaksaan, bukan kesengsaraan, bukan penyiksaan tetapi Menyejahterakan...!!  Insya Allah,,,
Masih teringat ketika pertemuan terakhir Sejarah Dunia I. Yah rasa sedih tentu ada dan mungkin ini akan dirasakan untuk kali kedua. Bagiamana tidak, beliau yang berbeda harus berada ditenagah yang lainnya dengan pemahaman dan misi yang 180 derajat beda. Colek @milda yang dulu sempat ikut menelusup bersamaku dilkuliah sejarah dunia I yang bukan kelas ku juga,,, :D ayo besok nyusup lagi ya,,,,!!! Untuk yang lain ayoo ayo merapat besok terakhir pertemuan dalam mata kuliah Seajarah Dunia II dan pembahsannya tentu sanggaat menarik, apa itu ..?
  1. Nasionalisme
  2. Konspirasi Runtuhnya Turki Ustmani.
Yang “tidak biasa” itu pasti menjadi yang istimewa bukan,,??!! ^_^

====Perubahan Besar Dunia Menuju Khilafah====

Tidak ada komentar:

Posting Komentar